Kamis, 25 Juni 2020

Resume 11 : Belajar Ngeblog Bersama Guru Handal Segudang Prestasi, Dedi Dwitagama

Malam ini, Rabu, 24 Juni 2020, kelas belajar menulis online kami mendapat kesempatan untuk belajar bersama guru blogger handal, Bapak Dedi Dwitagama namanya. Beliau adalah seorang yang memiliki multi talenta. Selain seorang guru blogger, beliau juga seorang motivator, trainer, youtuber dan juga
seorang penghobi fotografi. Hingga saat ini, beliau masih mengajar di SMK N 50 Jakarta untuk mata pelajaran Matematika. Sebagai seorang guru dan sekaligus juga berkecimpung di berbagai macam kegiatan di luar tugas mengajarnya, tentu tidaklah mudah untuk mengatur jadwalnya. Namun demikian, ternyata dengan kegigihan dan  kedisiplinan waktu yang beliau terapkan, beliau tetap bisa enjoy menjalani hidupnya. Dengan tetap berusaha mendisiplinkan diri, menghantarkan beliau menjadi seorang guru dengan segudang prestasi yang bisa diraih serta kaya akan ilmu pada dirinya. Bahkan dengan kesibukannya, beliau pun masih sempat dipercaya sebagai kepala sekolah di beberapa tempat antara lain di STM N 39 Jakarta (2005), SMK N 3 Jakarta (2009), di SMK N 36 Jakarta (2011) serta di SMK N 29 Penerbangan Jakarta (2012). Karena pencapaian ini semua, beliau pun pernah dinobatkan sebagai seorang kepala sekolah berprestasi juga. Tentu, semua ini takkan lepas dari kedisiplinan dan kegigihan beliau dalam menjalani segala kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya serta target yang akan dicapainya. Nah, sebagai bahan referensi untuk kami dan juga para pembaca semua, mari kita simak bersama tulisan ini, yang berisi sharing ilmu dan pengalaman beliau, dalam kegiatan belajar menulis secara online bersama Om Jay, yang bertajuk Mendokumentasikan Kegiatan Melalui Blog.

Pengertian blog

Mengawali sharing pengalamannya, Bapak Dedi Dwitagutama menjelaskan tentang pengertian blog. Menurut beliau, blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang/ sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web, sehingga bisa diakses oleh semua orang yang menghendakinya. Media blog ini pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya  diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan untuk perkembanagan para penulis blog.

Kisah Ngeblog Pak Dedi Dwitagama

Sejak tahun 2005, Bapak Dedi Dwitagama sudah menenal blog, yaitu di blogger.com. Blog pertama beliau yaitu http://dwitagama.blogspot. Tahun 2007, beliau hijrah ke wordpress.com dengan link nya https://dedidwitagama.wordpress.com. Isi blog beliau sungguh luar biasa, dilihat hampir 2 juta viewers dan pengunjung hampir 600 ribu, wow menakjubkan. Untuk menambah wawasan dan menyalurkan hobbi nulisnya, beliau juga ngeblog di Kompasiana, linknya https://www.kompasiana.com/dwitagama. Posting terakhir beliau ada di link https://dedidwitagama.wordpress.com sungguh menghebohkan isinya, yaitu seorang balita yang sudah pandai merokok, bahkan dilakukan di depan ibu dan adiknya. Sungguh miris, bukan ? Dalam pikiran kita pasti akan timbul pertanyaan, kok bisa ya ? Siapa yang ngajari ? Di mana belajarnya ? Dan masih banyak lagi kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul. Lantas, siapa yang patut dipersalahkan ? Bagaimana tanggung jawab kedua orang tuanya terhadap kesehatan paru-paru anak-anaknya dan juga mereka ? Sungguh memprihatinkan dan tak patut ditiru perbuatannya.

Hobi fotografi

Selain ngeblog, ternyata Bapak Dedi Dwitagama juga hobi fotografi dan mendokumentasikan hasil-hasil fotografinya di blog khusus beliau yaitu di link https://fotodedi.wordpress.com dan kegiatan ini sudah beliau lakukan sejak zaman sebelum ada istagram. 

Untuk mengenal lebih jauh tentang Bapak Dedi Dwitagama dengan segala aktivitasnya, para pembaca bisa membuka tautan berikut ini :
1. http://dedidwitagama.worpress.com/about
2. http://trainerkita.wordpress.com
3. https://www.istagram.com/dwitagama/
4. https://www.youtube.com/user/dwitagama
5. https://youtu.be/NcvZt-0SJ4k
6. https://anchor.fm/dwitagama    ... (podcast)
7. https://dedidwitagama.worpress.com/2020/04/08/selamat-jalan-glenn-fredly/
8. https://dedidwitagama.worpress.com/2020/05/26/podcast-lebaran-2020/
9 .https://dedidwitagama.worpress.com/2020/06/17/coret-coret-aja-semuanya

10 komentar:

  1. Balasan
    1. Alhamdulillah...mksih Bu...lg cb2 utak-atik blog itu Bu...

      Hapus
  2. Balasan
    1. He he... Alhamdulillah...lg mo bljar sana sini atuh...mksih Bu

      Hapus
  3. Bagus pak.. Bahasanya renyah. Ini saya perlu belajar

    BalasHapus
  4. Renyah kah Bu...kyk emping melinjo ...he..hee...lg bljar kok Bu...mksih yaa...

    BalasHapus
  5. Makin rapi blog dan pasionnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...mdh2n ttp Istiqomah utk sslu bljr & bljar trus...mksih supportnya Bu...

      Hapus
  6. Balasan
    1. Alhamdulillah...berkat dukunfdu & smangt tmn2 smua kita bs trus bljar & bljar trus...Mksih ya Bu

      Hapus