Jumat, 03 Juli 2020

Resume 14 : Free Writing, Jurus Jitu Mengatasi Kebuntuan Menulis

Sebelum mengenal lebih jauh tentang free writing, dalam benak pikiran saya langsung terbayangkan arti kata tersebut. Free artinya bebas dan writing, menulis. Jadi kalau digabungkan, free writing maknanya ya menulis bebas. Menulis apa pun yang ingin kita tuliskan. Kita bebas memilih tema yang imgin kita tuliskan dan kita kembangkan sehingga pada akhirnya menjadi sebuah wacana yang kita inginkan. Begitulah kira-kira pemahanan awal saya mengenai istilah free writing. Akan tetapi, saya belum yakin betul dengan pemahaman itu. Besar keinginan saya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai makna free writing itu sendiri. Karena itu, saya mencoba mencari sumber referensinya melalui internet. Saya mulai browsing di internet dengan bantuan mesin pencari milik google. Tak lama browsing, saya pun menemukan apa yang saya cari, yaitu pengertian free wirting. Berikut kutipan mengenai pengertian free writing yang saya temukan di internet. Free writing adalah teknik menulis di mana seseorang menulis terus menerus untuk jangka waktu tertentu tanpa memperhatikan ejaan, tata bahasa atau topik.. Kemudian saya juga coba baca-baca beberapa pengertian free writing lainnya. Intinya ya tidak jauh berbeda antara yang satu dengan lainnya. Saya coba baca kembali dan pahami maknanya serta beberapa kalimat penjelasnya. Ternyata apa yang saya pahami selama ini tentang free writing itu belum betul, kalau tidak mau dibilang salah ya. Pada malam ini, Rabu, 03 Juli 2020, kelas Belajar Menulis online kami, kedatangan tamu istimewa, seorang pakar free writing. Beliau adalah Dr. Ngainun Naim, dengan segudang pengalaman menerbitkan buku-buku berkualitasnya. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu free writing dan mengapa perlu free writing, serta apa yang bisa didapatkan dengan itu semua, mari kita simak pemaparan beliau berikut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar